Subhashish Datta Terpilih Sebagai CFO Terbaik Asia 2023

Chief Financial Officer (CFO) PT Kaltim Prima Coal (KPC) Subhashish Datta, dinobatkan sebagai salah satu dari 10 CFO terbaik di Asia tahun 2023. Penobatan tersebut diberikan oleh Majalah TrateFlock, sebuah majalah Ekonomi dan Bisnis yang berbasis di India.

Strategi keuangan, prestasi dan pencapaian CFO Subhashish Datta diulas secara khusus dalam Majalah TrateFlock, Volume VI, Issue 16-31 Desember 2023. Datta terpampang bersama 10 CFO lainnya dari seantero Asia, yang dinobatkan sebagai CFO Terbaik Asia 2023.

Dalam ulasanya Majalah TrateFlock, Datta terpilih sebagai CFO terbaik berkat kepiawainya membawa KPC keluar dari krisis global akibat Covid 19 dan perang Rusia melawan Ukraina. Menurut TrateFlock, Datta dinilai sebagai kapten yang gigih, memimpin KPC dengan kebijaksanaan dan inovasi.

“Di tengah merebaknya COVID-19 yang diikuti konflik Rusia-Ukraina, industri batu bara global dihadapkan pada tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Volatilitas pasar, ketidakpastian peraturan, dan ketegangan geopolitik menciptakan badai yang sempurna. Sehingga membutuhkan kepemimpinan yang cerdik untuk menavigasi situasi yang bergejolak. Industri batubara, yang sangat terpengaruh oleh peristiwa-peristiwa global ini, mengalami fluktuasi harga, ketidakseimbangan permintaan-penawaran, dan pergeseran pasar yang dinamis,” tulis TrateFlock.

Lebih lanjut TrateFlock  mengulas, di tengah kekacauan inilah, Subhashish Datta muncul sebagai kapten yang gigih, memimpin perusahaannya dengan kebijaksanaan dan inovasi. Di KPC, Datta mengatasi tantangan dengan mengoptimalkan biaya produksi dan menekankan efisiensi operasional dan membawa KPC menjadi perusahaan keberlanjutan.

“Dia (Subhashish Datta, red) menerapkan kontrol keuangan yang ketat, memastikan kepatuhan, dan memelopori inisiatif ramah lingkungan yang inovatif. Khususnya, strategi pembiayaan inovatifnya, termasuk kolaborasi erat dengan produsen peralatan dan mitra penyalur, memastikan pendanaan yang stabil dan aliansi strategis, sehingga memperkuat posisi industri KPC,” tulis TrateFlock.

“Di bawah kepemimpinan keuangan Subhashish, KPC berkembang semakin kuat, memainkan peran penting sebagai pemain kunci dalam industri pertambangan. Pandangannya ke depan, yang diasah oleh pengalaman, mengubah tantangan menjadi peluang, membimbing perusahaan menuju masa depan yang ditentukan oleh inovasi dan strategi yang cemerlang,” lanjut TrateFlock dalam ulasanya.

CFO Subhashish Datta saat diwawancarai TrateFlock mengatakan, untuk memastikan kesuksesan perusahaan, dirinya bersama tim KPC menerapkan digitalisasi dari proses produksi hingga pemasaran batubara. Proses ini memungkinkan pemantauan real-time dan analisis biaya atas batubara yang diangkut menuju kapal pembeli. Selain itu, Datta juga mendorong kolaborasi dengan produsen peralatan untuk menghasilkan pembiayaan yang stabil dan berjangka Panjang dan memastikan operasi yang konsisten di tengah ketidakpastian pasar. “Berbagai pendekatan ini memperkuat ketahanan finansial kami,” kata Datta dalam wawancara khususnya dengan Majalah TrateFlock.(*)