Robot Biru Hack Robot Biru Hack Robot Biru Hack Robot Biru Hack Robot Biru Hack
Stop Beri Makanan Untuk Orangutan – PT Kaltim Prima Coal

Stop Beri Makanan Untuk Orangutan

Kepala BKSDA Kaltim M. Ari Wibawanto, S. Hut., M. Sc mewanti-wanti agar masyarakat jangan memberikan makanan kepada Orangutan. Pemberian makanan kepada Orangutan, menurut Ari, akan merubah perilaku dari Orangutan itu sendiri. Bahkan, bisa mencelakan karena makanan manusia bisa menimbulkan penyakit bagi Orangutan.

“Ketika memberikan makanan kepada Orangutan, sangat sulit mengembalikan kebiasaanya untuk hidup di alam liar. Butuh waktu bertahun-tahun untuk kembali ke kebiasaan makanya dan bahkan ada Orangutan yang tidak bisa lagi kembali ke kebiasaannya makan dari alam liar,” kata Ari.

Senada dengan Ari, Peneliti Orangutan Dr Yaya Rayadin juga menyampaikan hal serupa, agar masyarakat tidak memberikan makanan kepada Orangutan. Menurut Yaya, Orangutan adalah jenis mahluk hidup yang sangat survive dibandingkan dengan yang lainnya. Karena itu, Yaya meminta agar masyarakat jangan menaruh rasa iba atau kasihan saat melihat Orangutan.

“Jangan merasa kasihan kepada Orangutan. Salah kalau kita memberikan kananan. Mereka memiliki keragaman makanan yang sangat banyak. Itulah sebabnya Orangutan sangat survive di alam liar,” kata Yaya.(*)