Raih Best CSR dari The Iconomics, Wawan: Terima Kasih Kepada Masyarakat

PT Kaltim Prima Coal (KPC) sebuah perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, kembali dinobatkan sebagai perusahaan dengan penerapan program CSR terbaik di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan diterimanya penghargaan Best CSR in Coal Mining, yang diberikan oleh lembaga media The Iconomics, Kamis (25/5/2023), di Auditorium Abdul Rahman Saleh LPP RRI, Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Bram S. Putro, Founder and Chief Executive Officer (CEO) The Iconomics dan diterima oleh Louise G Pessireron mewakili Chief Executive Officer (CE) KPC Ashok Mitra.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) Wawan Setiawan mengaku kaget dengan penghargaan yang diterima perusahaanya. Pasalnya, KPC tidak pernah mendaftar untuk dinilai dalam awards yang diberikan ini. “Saya benar-benar kaget dengan penghargaan ini. Kami tidak pernah mengajukan diri untuk dinilai, tiba-tiba diumumkan sebagai pemenang,” kata Wawan.

“Setelah dicek, ternyata penilaianya berdasarkan hasil riset media monitoring dan survey terhadap 10 ribu responden oleh tim riset The Iconomics. Itu berarti penialianya sangat fair, berdasarkan program yang telah dikerjakan oleh perusahaan,” timpal Wawan.

Wawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah menominasikan KPC dan juga kepada jurnalis yang memberitakan kegiatan CSR KPC. “Terima kasih kepada masyarakat yang memberikan respon positif terhadap KPC dalam survey yang dilakukan The Iconomics dan terima kasih kepada wartawan yang menulis berita-berita program CSR KPC secara positif,” kata Wawan.

Bram S. Putro, Founder and Chief Executive Officer (CEO) The Iconomics dalam sambutanya mengatakan, mereka telah menilai 220 perusahaan yang memiliki kepedulian dalam bidang CSR di Indonesia. Penilaian dilakukan melalui riset berita atau media monitoring tentang kegiatan CSR perusahaan.

Selain media monitoring, tim riset The Iconomics juga melakukan survey online terhadap 10 ribu responden di Indonesia. “Ini juga berarti bahwa pengharagaan ini sebenarnya diberikan oleh publik melalui brand reputation dan tim internal perusahaan yang telah mengerjakan CSR dengan baik di masyarakat,” kata Bram.

Menurut Bram, dari media monitoring yang dilakukan tim riset The Iconomics, berita-berita tentang program CSR KPC cukup lengkap. Antara lain menyangkut kegiatan social, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

“Praktiknya PT Kaltim Prima Coal yang sejalan dengan Pilar: Sosial, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan menjadi sorotan The Iconomics untuk memberikan penghargaan Best CSR in Coal Mining di Indonesia Best CSR Award 2023,” papar Bram.(*)