KPC Raih Enam Penghargaan Good Mining Practice Dari Kementerian ESDM

PT Kaltim Prima Coal (KPC) sukses meraih enam penghargaan pada ajang Penghargaan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik (Good Mining Practice Award-GMP) tahun 2021. Penghargaan diberikan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Rabu (29/9/2021).

Dari enam penghargaan tersebut, tiga diantaranya meraih Aditama, yakni pada aspek teknis pertambangan, aspek lingkungan dan aspek konservasi sumber daya mineral dan batubara. Sementara satu aspek, yakni aspek standarisasi dan usaha jasa pertambangan meraih peringkat Utama.

Dari keempat aspek ini, KPC meraih nilai tertinggi pada dua aspek, yakni aspek Tekni Pertambangan Mineral dan Batubara, serta aspek Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara. Atas prestasi ini, KPC dinobatkan meraih Trophy Aditama dari Kementerian ESDM.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara bergantian oleh Pejabat di lingkungan Kementerian ESDM dan diterima oleh Chief Operating Officer (COO) KPC Muhammad Rudy.

COO M. Rudy usai menerima penghargaan menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM kepada KPC. “Kami merasa bangga atas penghargaan yang diberikan ini. Terima kasih kepada Kementerian ESDM, lebih khusus Dirjen Minerba yang telah membimbing KPC, sehingga kami terus komit dalam aplikasi GMP,” kata Rudy.

Rudy lebih lanjut mengatakan, praktek pertambangan yang baik dan benar telah menjadi semangat dan ciri utama dalam proses tambang KPC. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1827 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik

 “Kami berusaha mengikuti kaidah pertambangan yang baik sesuai dengan Kepmen ESDM No. 1827 K/30/MEM/2018. Ini sudah menjadi kawajiban yang tidak saja menjadi kebijakan perusahaan, akan tetapi menjadi semangat bagi seluruh karyawan,” kaya Rudy.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM Ir. Arifin Tasrif menyampaikan apresiasinya kepada para pelaku usaha industri pertambangan yang telah menerapkan good mining practices. “Selamat kepada para penerima penghargaan, semoga dapat menjadi contoh utama dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik,” ucap Arifin, dalam keterangan pers, Kamis (30/9).


Arifin lebih lanjut meminta segenap pelaku usaha pertambangan agar terus bekerja keras, tetap cermat dan produktif dalam usahanya masing-masing, serta bersama-sama membesarkan sektor Minerba. Sebab menurutnya, sektor Minerba memiliki peran vital dalam pembangunan nasional.

Acara Penghargaan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik (Good Mining Practice Award-GMP) tahun 2021 merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-76, dengan tema Energi Tumbuh, Energi Tangguh.(*)