Peringati May Day 2020 Buruh KPC Galang Dana Bantu Korban Covid-19

Aksi May Day yang identik dengan demonstrasi buruh, diperingati secara berbeda tahun ini di PT Kaltim Prima Coal (KPC), Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Kali ini para para buruh menggelar aksi pengumpulan dana dari seluruh karyawan KPC. Hasilnya, sebesar Rp 354,5 juta disumbangkan karyawan untuk membantu warga masyarakat terdampak Covid-19.

Selain para Serikat Buruh/Serikat Pekerja, aksi yang sama dilakukan juga oleh para guru dan pegawai di lingkungan sekolah KPC, Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB). Para guru ini berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 60 juta. Sehingga total dana terkumpul pada penggalangan dana ini sebanyak Rp 414,5 juta.

GM External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan menyatakan, dana yang terkumpul itu akan disalurkan kepada masyarakat korban Covid-19 di Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon dan Rantau Pulung.  “Prioritas kami adalah mereka yang terdampak langsung Covid-19. Seperti tukang cukur, penjual gorengan di sekolah, tukang pijat,  penjual pentol, guru ngaji, supir angkot, ojek pangkalan dan lan-lain. Ada 12 kategori yang sudah kami petakan,” kata Wawan.

Ketua Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Muhammad Jumhar menyatakan, aksi pengumpulan dana tersebut sebagai bentuk solidaritas para buruh untuk sesama warga yang terdampak Covid-19. Jumhar mengajak semua pihak agar memiliki keperihatinan yang sama, sehingga tidak ada warga yang harus kelaparan karena Covid-19 ini.(*)