Tampilkan PRLH, Royalty dan Pajak Pada Kaltim EXPO, Gubernur Isran Bilang Good

Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor M.Si, Senin (21/8/2023), mengunjungi stand PT Kaltim Prima Coal (KPC), pada ajang Kaltim Expo 2023, yang digelar dari tanggal 18-22 Agustus 2023, di Samarinda Convention Hall, Samarinda.

Isran setelah melihat materi yang dipamerkan KPC mengatakan, apa yang ditampilkan perusahaan, sudah bagus. “Good. Good,” kata Isran singkat.

Lebih lanjut memuji KPC, karena telah telah mengikuti program prioritas pemerintah berupa Pembangunan Rumah Layak Huni (PRLH). “Terima kasih sudah mengikuti program priotas pemerintah, berupa Program PRLH. Mohon ditambahkan lagi jumlahnya,” kata Isran.

Gubernur juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi KPC berupa dana bagi hasil keuntungan perusahaan (profil sharing). Dalam rezim Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) KPC, ada skema profil sharing sebesar 10 persen diberikan kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten Penghasil SDA (Kutai Timur) dan seluruh Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi. “Mantap. KPC sudah ada profil sharing kepada Pemerintah Daerah dan seluruh Kabupaten/Kota se Kaltim,” puji Isran.

Pada ajang Kaltim Expo 2023, KPC menampilan materi proses tambang, reklamasi pascatambang dan pemanfaatan air kolam tambang untuk suplai air kepada masyarakat melalui IPA Kudungga.

KPC juga menampilkan kontribusi berupa pajak dan royalti dalam enam tahun terakhir sesuai tema Expo. Sesuai data yang dihimpun tim Finance KPC, pada periode tahun 2017-2022, KPC telah membayar royalty kepada pemerintah, yang jika dirupiahkan kurang lebih mencapai Rp 69,123 Triliyun, dan pajak mencapai Rp 43,22 Triliyun. Maka total pajak dan royalty pada periode tersebut berjumlah Rp 112, 35 Triliyun.

Selain menampilkan kontribusi berupa pajak dan royalti, KPC juga menampilkan data penerima manfaat tujuh bidang Program CSR. Salah satunya tentang Program CSR Bidang Pembangunan Infrastruktur di Kutai Timur.

Pada periode tahun 2018-2022, KPC telah membangun 40,2 km jalan, semenisasi gang sepanjang 16 km, 75 unit PRLH, 29 bangunan ruang kelas, tujuh Posyandu dan satu unit Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Untuk meramaikan stand, tim Expo KPC juga menggelar kuis berisi 10 soal tentang program yang ditampilkan dalam stand. Sampai berita ini diturunkan, sudah ada 239 pengunjung stand yang telah mengisi kuis tersebut.
Semua peserta kuis yang mendapatkan nilai 100, akan diundi untuk menentukan 30 orang pemenang dan diberikan souvenir dari KPC.

Selain kuis, tim Expo KPC juga menggelar mini games berupa putting golf. Peserta yang berhasil memasukan bola golf kedalam lubang, diberikan souvenir dari KPC.(*)