Pemuda Kutai Ikuti Pelatihan Mekanik Bersama KPC dan BLK Mandiri

Setelah melewati proses seleksi yang panjang, sebanyak 17 orang pemuda Kutai Timur, mengikuti training mekanik alat berat, bertitel Mekanik Apprentice, batch 1, 2023.

Program ini merupakan program kolaborasi antara PT Kaltim Prima Coal (KPC) dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta sejumlah organisasi sosial kemasyarakatan di Kutai Timur.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutai Timur Sudirman Latief mengakui, Program Apprentice merupakan program yang sangat bagus, sejalan dengan visi misi pemerintah.

“Pelatihan Mekanik alat berat ini  program sangat luar biasa. Sangat sejalan dengan visi misi bupati dan wakil bupati kita terkait dengan target serapan 50.000 tenaga kerja per tahun,” kata Latif, Senin, (30/10/23).

Latif berharap, apa yang sudah dilakukan KPC bertahun-tahun ini, bisa ditiru oleh perusahaan lain yang beroperasi di Kutai Timur. Sebab pelatihan bagi masyarakat lokal ini merupakan amanat Perda Nomor 1/2022, tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. “Kata kunci untuk memenuhi target itu hanya kalau terpenuhi kualitas sumber daya manusia.  Mudah-mudahan apa yang dilakukan KPC ini bisa ditiru oleh perusahaan lain, karena ini amanat Perda No 1/2022,” lanjut Latif.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan mengatakan, Program Apprentice Mekanik Alat Berat merupakan salah satu usaha KPC untuk meningkatkan kapasitas pemuda Kutai Timur. “Kami ingin memberikan skill Mekanik kepada pemuda pemudi Kutai Timur, agar memiliki bekal untuk bersaing dengan warga lainnya,” kata Wawan.

Wawan lebih lanjut mengakui, telah merintis program Apprentice Mekanik Alat Berat sejak tahun 2007 silam dengan total peserta sampai sekarang sebanyak 514 orang. Meski demikian, sebenarnya program pelatihan mekanik alat berat ini sudah digelar KPC sejak awal operasinya di Sangatta.

Hanya saja, sebelum tahun 2007, pelatihan langsung dilakukan oleh Mining Support Division (MSD), sedangkan mulai tahun 2007 digelar bekerjasama dengan BLKI Mandiri dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Timur.(*)